Rabu, 10 Agustus 2011

Step by Step Recruitment

Setelah menyelesaikan masa studi, hal yang ada dalam pikiran ex-mahasiswa adalah bagaimana mereka mendapatkan pekerjaan. Berbagai macam lowongan pun mereka masuki. Sebelum mereka menapatkan pekerjaan, berikut ini tahapan yang biasanya harus mereka jalani:



1. Seleksi Administratif



Tahapan ini melihat kesesuaian persyaratan yang diajukan oleh perusahaan dengan yang diberikan oleh pelamar. Misalnya saja jenjang pendidikan, minimum IPK, atau kualifikasi lain yang dibutuhkan untuk posisi tersebut.



Saran: Pastikan saat melamar, anda memenuhi kualifikasi yang disyaratkan. Hal ini cukup mudah, dan jangan memaksakan jika tidak memnuhi kualifikasi.



2. Psikotest



Tahapan ini yang bisa dibilang paling melelahkan. Rata-rata psikotest membutuhkan waktu 3-4 jam. Mulai dari tes yang menguji inteligensi (TKD, IST, Kraepelin, Pauli, dll),sampai tes untuk melihat kepribadian kita (Grafis, EPPS, dll). Psikotest merupakan seleksi yang cukup banyak menggugurkan pelamar.



Saran: Persiapkan diri anda dengan baik, terutama kondisi fisik. Kerjakan dengan penuh konsentrasi, dan usahakan jangan melakukan cheating karena tes ini tidak dirancang untuk itu.



3. Interview HR/Psikolog



Tahapan ini bertujuan untuk melihat kesesuaian antara hasil psikotest dengan diri pelamar. Banyak aspek yang dinilai, mulai dari pencapaian, pengambilan keputusan, kepemimpinan, usaha, pelayanan, dll.



Saran: Berikan gambaran diri anda apa adanya, usahakan menonjolkan prestasi-prestasi atau pencapaian anda yang pernah anda raih



4. Interview User/Manager



Interview user bertujuan untuk melihat kesesuaian kompetensi yang anda miliki dengan posisi yang anda lamar. juga untuk melihat apakah anda cocok untuk bekerja di perusahaan tersebut.



Saran: tunjukkan ke user jik anda mempunyaikompetnsi yang disyaratkan, dan lebih baik dari kandidat lain



5. Medical Check up



Tes kesehatan ini bertujuan untuk melihat apakah anda mempunyai penyakit serius yang dapat mengganggu pekerjaan atau tidak, Perusahaan tentu akan mempertimbangkan resiko jika mereka memperkerjakan orang yang kurang sehat



6. Interview akhir (optional)



Interview akhir biasanya untuk penandatanganan kontrak atau negosiasi gaji, atau permasalahan lain terkait dengan pekerjaan. jika pelamar sudah berada dalam tahapan ini, pada dasarnya mereka sudah hampir pasti diterima



Tahapan untuk masing-masing perusahaan berbeda-beda, pun juga dengan posisi tertentu mungkin juga mengalami perbedaan, akan tetapi secara umum proses tahapan seleksi adalah tersebut di atas. Semoga sukses bagi yang mau melamar pekerjaan :)



Repost from Psikokita,tumblr.com

1 komentar:

qhachan mengatakan...

wahaha...bukan konsumsi umum sepertinya ini..


ShoutMix chat widget